Senin, Desember 31, 2007

Livejournal - Pemilik Baru untuk Komunitas Baru


Sumber : CHIP 12/2007


Bukan klub sepak bola Premier League di Inggris saja yang diincar para pebisnis dari Rusia. Website blogging dan social networking yang naik daun dalam beberapa tahun ini juga semakin diminati dan dianggap sebagai lahan bisnis baru yang potensial.

Berita terakhir datang dari website social networking LiveJournal yang baru saja dibeli oleh perusahaan media online Rusia, SUP dari Six Apart sebagai pemilik sebelumnya. Selanjutnya SUP akan membentuk dewan penasehat yang salah satunya beranggotakan Brad Fitzpatrick, sang pendiri LiveJournal yang kini bekerja di Google.

Setelah AS, pengguna terbanyak LiveJournal berasal dari Rusia (sekitar 28% dari pengguna total). Fenomena peningkatan minat pengguna asal Rusia untuk berpartisipasi dalam pergaulan virtual ini tampaknya menjadi alasan utama SUP untuk melakukan pengambilalihan website tersebut.

Meskipun tidak disebutkan seberapa besar nilai transaksinya, harga website sekelas LiveJournal diperkirakan mencapai ratusan juta dollar. Melambungnya harga jual website social networking juga dipicu oleh pembelian website sejenis, Myspace (http://www.myspace.com/), oleh News Corporation seharga 580 juta dollar.

Dua perusahaan raksasa yaitu Microsoft dan Google bahkan dikabarkan bersaing memperebutkan saham website social networking lainnya yang juga populer yakni Facebook (http://www.facebook.com/).

0 komentar: